Rabu, 30 Desember 2009

Klasifikasi Geodemografi dan Manfaatnya Bagi Pemasar

Segmentasi Pasar: Tindakan membagi sebuah pasar kedalam kelompok-kelompok konsumen yang berbeda yang diperkirakan membutuhkan produk. Dalam hal ini perusahaan mengidentifikasi cara-cara yang berbeda untuk membagi pasar menjadi segmen-segmen, mengembangkan segmen pasar yang menguntungkan, dan mengevaluasi daya tariknya


Segmentasi Geodemografis

Jenis segmentasi gabungan ini didasarkan pada pendapat bahwa orang yang hidup dekat dengan satu sama lain mungkin mempunyai keuangan, selera, pilihan, gaya hidup, dan kebiasaan konsumsi yang sama.


Variabel demografis terdiri atas kerakteristik seperti usia, penghasilan, dan etnis. Geodemografi merupakan sebuah kombinasi dari karakteristik demografis dan gaya hidup konsumen dalam cluster geografis. Perusahaan riset pemasaran telah mengembangkan sistem klasifikasi, atau clustering yang mengidentifikasi segmen-segmen geodemografis yang berbeda.


Penetapan Sasaran Berdasarkan geodemografis

Kata geodemografis adalah gabungan dari kata geografi dan demografi, yang secara indah mendeskripsikan targeting dalam bentuk ini. Dasar pemikiran yang menjadi landasan geodemographic targeting adalah bahwa orang-orang yang menetap di area yang sama, misalnya bertetangga atau dalam satu zona kode area, juga memiliki persamaan dalam demografi dan gaya hidup. Beberapa perusahaan mengembangkan layanan yang menghilangkan batas area geografis ke dalam common group, atau cluster, di mana terdapat orang-orang dengan karakteristik demografis serta gaya hidup yang sama.

SUMBER :

http://hyelda.blogspot.com/2009/12/kpt-4.htm

http://www.smakristencilacap.com/arti-pemasaran-dan -manajemen-pemasaran/langkah-langkah-segmentasi-pasar/

http://kumpulan-artikel-ekonomi.blogspot.com/2009/09/segmentasi-pasar.html


http://hyelda.blogspot.com/20

http://hyelda.blogspot.com/2009/12/kpt-4.html

09/12/kpt-4.html

http://hyelda.blogspot.com/2009/12/kpt-4.html


http://www.smakristencilacap.com/arti-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran/langkah-





Tidak ada komentar:

Posting Komentar