Selasa, 09 Maret 2010

PARAGRAF DALAM BAHASA INDONESIA

Tulisan ilmiah

Paragraf adalah seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik. Kalimat-kalimat dalam paragraf memperlihatkan kesatuan pikiran atau mempunyai keterkaitan dalam membentuk gagasan atau topik tersebut. Sebuah paragraf mungkin terdiri atas sebuah kalimat, mungkin terdiri atas dua buah kalimat, mungkin juga lebih dari dua buah kalimat. Bahkan, sering kita temukan bahwa suatu paragraf berisi lebih dari lima buah kalimat. Walaupun paragraf itu mengandung beberapa kalimat, tidak satu pun dari kalimat-kalimat itu yang memperkatakan soal lain. Seluruhnya memperbincangkan satu masalah aatu sekurang-kurangnya bertalian erat dengan masalah itu.

Topik paragraf adalah pikiran utama di dalam sebuah paragraf. Semua pembicaraan dalam paragraf ituterpusat pada pikiran utama ini. Pikiran utama itulah yang menjadi topik persoalan atau pokok pembicaraan. Oleh sebab itu, ia kadang-kadang disebut juga gagasan pokok di dalam sebuah paragraf.

Syarat-Syarat Paragraf
Paragaraf yang baik harus memiliki dua ketentuan, yaitu :
  • Kesatuan paragraf, dalam sebuah paragraf terdapat hanya satu pokok pikiran.
  • Kepaduan paragraf, dapat terlihat melalui penyusunan kalimat secara logis dan melalui ungkapan-ungkapan (kata-kata) pengait antarkalimat.
Pengait Paragraf
Agar paragraf menjadi padu digunakan pengait paragraf, yaitu :
  • Ungkapan penghubung transisi
  • Kata ganti
  • Kata kunci (pengulangan kata yang dipentingkan)
Ungkapan pengait antarkalimat dapat berupa ungkapan penghubung/transisi.

Pembagian Paragraf Menurut Jenisnya
Dalam sebuah karangan (komposisi) biasanya terdapat tiga macam paragraf jika dilihat dari segi jenisnya.
  • Paragraf Pembuka, paragraf ini merupakan pembuka atau pengantar untuk sampai pada segala pembicaraan yang akan menusul kemudian.
  • Paragraf Pengembang, ialah paragrf yang terletak antara paragrf pembuka dan paragrf yang terakhir sekali di dalam bab atau anak bab itu.
  • Paragraf Penutup, adalah paragraf yang terdapat pada akhir kalimat atau pada akhir suatu kesatuan yang lebih kecil di dalam karangan itu.
Rangka Atau Struktur Sebuah Paragraf
Rangka atau struktur sebuah paragraf terdiri atas sebuah kalimat topik dan beberapa kalimat penjelas. Kalimat topik adalah kalimt yang berisi topik yang dibicarakan pengarang. Pengarang meletakkan inti maksud pembicaraannya pada kalimat topik. Kalimat topik paragraf adalah pikiran utama dalam sebuah paragraf, kalimat topik merupakan kalimat utama dalam paragraf itu. Kalimat utama bersifat umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar